Senin, 20 Juli 2009

OUT BOND KPP PRATAMA MEDAN BARAT




Pagi yang cerah di hari Sabtu tanggal 18 Juli 2009 halaman GKN jalan Diponegoro Medan kelihatan kontras diwarnai dua seragam busana olahraga peserta out bond . Sequad Out Bond KPP Pratama Medan Barat mengenakan Busana Training berwarna hijau pupus.Untuk membedakan kelompok peserta, KPP Pratama Medan Belawan mengenakan seragam berwarna kuning. Peserta berkumpul sesuai dengan kelompoknya , mereka begitu ceriah , bercanda dan tertawa lepas seolah olah mereka siap dengan penuh semangat untuk menjajal sesuatu yang disebut Out Bond . Mungkin setiap peserta sempat berimajinasi, out bond itu seperti apa ya...... ?.. kalle ..sekedar gerak jalan , cross country, piknik, ato seperti kegiatan pramuka . Mungkin begitulah yang terpikir pada benak masing -masing peserta.
Sekitar Jam 6.30 Wib peserta membentuk barisan dan siap untuk berangkat. Sebelum berangkat ketempat tujuan out Bond , para peserta dicontreng satu per satu melalui list absensi oleh ketua kelompok . Dalam kesempatan itu ketua kelompok sedikit bercuap cuap memberikan arahan kepada peserta . Kemudian......para James Bond dan Jamilah Bond pun .....berlari lari kecil menuju Bus Pariwisata dengan tas rangsel dipunggung layaknya seperti pasukan siap tempuurrr..... , tempur rebutan posisi kursi, posisi menentukan nilai , kayak mo testing ajaaa....
Taman Kolam Dewi Sibolangit tempat tujuan Out Bond . Selama dalam perjalanan para peserta berkonser ria, suara yang paling banter datangnya dari teman kita yang bernama Imam kemudian diikuiti oleh , Dody ,mbak Meyer , Sherly , Meindah, mbak Ita .....mbak Esther mana suara dangdutnya ....kok nggak melantun ...atit gigi ya . Sebagian terus bernyanyi menenyertai alunan musik yang disediakan operator bus sambil menikmati jajanan ringan , kapas , kacang , ciki, coklat , ada juga makanan berat ... dongkrak mobil hampir saja dimakan teman kita si IMam ,,Kh...kh..kh...kh.. duuh....kali ini nikmatnya bukan main ternyata kebahagiaan benar- benar milik kita . Bagi peserta yang bersuara cukup -cukup makan alias falesss, yah... dengan caranya sendiri menikmati kebahagiaan dengan celingak celinguk melihat panorama nan indah sepanjang perjalanan . Karena posisi bus cukup tinggi memudahkan penglihatan menelusuri pemandangan hutan nan rindang di sisi jalan dan perbukitan nan jauh di sana kelihatan membiru , dan disertai udara nan sejuk membuat suasana di dalam bis semakin dinginnnn hi...hi...hiii... dinginn sekalle...
Hari beranjak siang , sekitar jam 09.00 lewat dikit peserta sampai ketempat tujuan dalam keadaan segar bugar. Seluruh peserta berkumpul di suatu tempat seperti lapangan tenis dengan podium kecil.
Memasuki acara di ajang perkenalan , satu per satu fasilitator dan trainer memperkenalkan dirinya kepada seluruh peserta dari KPP Prtama Medan Barat dan Belawan. Acara pembukaan diisi oleh Bapak Master komunikasi , katanya mantan PNS Departemen Penerangan. Beliau termasuk jajaran pimpinan di Tim SOBT ( Sibolangit Out Bond ). Paparan singkat yang disampaikan tentunya tentang seputar kegiatan Out Bond .
Out Bond adalah Pelatihan Prilaku Manajerial di Alam Terbuka. Para peserta dihadapkan kepada satu pilihan untuk menyatu dan mengenal kejujuran alam . Alam sangat bersahabat kepada semua makhluk di bumi ini termasuk manusia . Alam bersifat begitu tulus dan ikhlas kepada manusia dan.... kadangkala alam juga hendak murka kepada kita . Kemarahan alam bisa terjadi berupa bencana banjir , tanah longsor dan lain sebagainya . Apabila alam hendak marah tidak satu pun manusia dapat menghalanginya kecuali sang Khalik Pencipta Alam Semesta . Kemarahan Alam adalah musibah , musibah bagian dari masalah . Kenapa masalah itu bisa terjadi , tentu ada penyebabnya . Untuk mengatasi suatu permasalahan , dapat belajar dari fenomena alam.
Suatu permasalahan sebaiknya dilihat dari sisi akar penyebab masalah itu terjadi . Sama halnya apabila seseorang dihadapkan dengan tugas yang harus dijalankan . Dalam proses menjalankan tugas pasti ada konflik dan resiko. Yang terpenting adalah bagaimana seseorang mensikapi masalah, resiko ato komplik yang kerap menghadang dalam perjalanan menuju sukses. Ingak..ingak..! ting !! sukses hanya suatu tujuan namun bukan suatu keharusan . Oleh karenanya anda tidak akan kecewa dan bosan untuk meraih sukses manakala suatu saat anda dihadapkan oleh hal yang tidak menyenangkan seperti kegagalan , karena kegagalan adalah suplemen kesehatan bagi orang -orang yang doyan menjadi karakter pemenang untuk meraih sukses . Bagi sang Karakter Pemenang , yang namanya masalah , konflik , dan resiko adalah untuk dimanage tidak untuk dihindari dan.... dia yakin bahwa resiko, konflik , masalah , adalah tantangan yang merupakan anugerah untuk mengasah mental rapuh menjadi mental pemenang . Sekuat apa mental anda sekarang ato bagaimana karakter anda sekarang , itu bukan menjadi persoalan karena yang terpenting anda telah melakukan perubahan , dan tidak perduli perubahan itu sekecil apapun . Perubahan tidak dilihat dari kapasitasnya, namun niat , tekat dan semangat yang terus menerus untuk melakukan perubahan untuk menjadi KARAKTER PEMENANG , siapa sebenarnya Karakter Pemenang itu ??.. tentunya Anda semuanya yang telah melakukan perubahan .
Bagaimana caranya kita dapat melakukan perubahan ??? salah satunya adalah dapat mengikuti kegiatan OUTWARD BOUND TRAINING "Pelatihan Prilaku Manajerial Alam Terbuka" yang baru saja kita laksanakan. Para Trainer dari SOBT telah menggembleng kita untuk memanage masalah melalui peragaan yang sangat menantang secara phisik dan kecerdasan . Namun pembentukan pola pikir sangat dominan dalam permainan out bond tsb . Untuk mengikuti permainan Out Bond KPP Prtama Medan Barat membentuk 6 (enam) Group , dan 6 (enam Jenis ) permainan pembentukan karakter manajerial yang harus diikuti para peserta Out Bond :
1. Air/Hight Rope ( Sekretaris Grup Elang menulisnya HIRUP)
Permainan yang menguji adrenalin, perlu keberanian,menjaga keseimbangan, konsentrasi dan mengandalkan ketangkasan perorangan . Dalam permainan ini setiap peserta harus melintasi dengan cara berjalan di atas seutas tali , dengan ketinggian +/- 8 m dan lintasan tali yang harus dilalui +/- 8 m, untuk menjaga keseimbangan setiap peserta berpegangan tali di posisi kanan dan kiri . Setelah berhasil melintasi , tugas selanjutnya adalah bergelantung dan meluncur....kayak temen tukul yang biasa bermain di pohon .
Dalam permainan ini tidak semua peserta mengikuti karena faktor Kesehatan , untuk Grup Elang ada dua orang diberikan dispensasi, habis genduuuut sih..tapi cowoknya tetap ikut dan oke semua.
2. Bola Paralon
Permainan ini cukup sederhana, memerlukan kerjasama tim yang baik yang didukung oleh kekompakan setiap anggota tim seperti , konsentrasi , keseimbangan , tidak ceroboh , membangun komunikasi sesama anggota. Tugas Tim menggulirkan bola (seperti bola pingpong) dan meneruskan bola tsb keparalon lainya dengan cara menggantungkan paralon dengan dua utas tali pada sisi kakan dan kiri yang dilakukan oleh dua orang setiap paralonnya , kemudian bola menggelinding terus untuk dimasukan kewadah sebuah tempat seperti botol bebentuk gelas . Plung ...!!! bola pun masuk kesasarannya .
3. Trust
Nah..!! dalam permainan ini banyak teman -teman peserta yang gagal. Disampaikan oleh Trainer " kegagalan dalam sesi ini karena rasa tidak percaya diri alias tidak pede , lebih ekstrimnya tidak percaya sama teman "
Mendengar sebutan seperti itu salah seorang teman tidak terima , langsung nyeletuk dan berkomentar dengan alasan bermacam -macam. Terima ajalah broo.... kelemahan dan kelebihan selalu ada di manusia karena tidak ada manusia yang sempurna tapi yakinlah manusia lebih sempurna dari makhluk lainnya di dunia ini. Maaf teman , belagak tuir dikit. Memang terasa gamang menjatuhkan diri tegak lurus kearah belakang ( harus) , kemudian ditampung oleh teman-teman sebanyak 10 orang dari ketinggian (setinggi drum) walaupun didasarnya tersedia pengaman berupa matras (busa) cukup tebal . Dalam permainan ini dari grup Elang hanya 2 orang peserta yang berhasil. Jujur aja pasti semua peserta merasa takut dan gamang . Pertanyaannya bagaimana menjinakkan rasa seperti itu yang terus mencekam pikiran kita .
4. Seven Bombs
Permainan ini muncul mungkin fasilitator terinspirasi persitiwa pada tanggal 17 Juli 2009 yang peristiwanya dikaitkan dengan angka 7 , terlepas dari itu semuanya permainan ini mencerminkan prinsip kewaspadaan , kehati hatian , antisipasi, dan tidak panik. Semua anggota harus membangun komunikasi saling mendukung untuk menopang tujuan Tim dalam memenuhi tugas yang diemban.
5. Traffic Jump
Luar biasa..!!! group Elang berhasil menyelesaikan permainan ini dengan baik , nyaris sempurna broo ..!!, nggak nyombong ya , nilainya tertinggi dibandingkan peserta grup lainnya , ini berkat kerja sama yang baik dari tiap tiap anggota grup dalam melaksanakan tugasnya . Semua rintangan seolah olah berupa kawat yang dialiri arus listrik berbentuk rintangan bulat dan segi empat yang hanya cukup dilalui satu orang dan semuanya lolos dengan mulus . Kuncinya adalah perencanaan yang baik dan matang sebelum tugas dilaksanakan.Kekompakan , kehati-hatian , membangun komunikasi, perintah yang benar dan tidak membias adalah faktor pendukung untuk meraih sukses. Kegiatan ini mengilustrasikan bahwa tugas dapat dilaksanakan dengan baik oleh satu tim apabila didukung dan disuport bersama tim yang solid .
6. Transfer plate
Permainan ini cukup sederhana namun memiliki makna sangat berarti, bila kita merenung sejenak memaknai dari permainan ini dapat diambil gambaran seperti mengawal fungsi budgeter dalam upaya mengoptimalkan penerimaan pajak. Dalam hal ini diperlukan kehati-hatian , ketulusan dalam upaya meminimalkan kebocoran , menanamkan rasa tanggung jawab , menjalankan amanah seperti visi dan misi yang telah dicanangkan, dan membangun kerjasama yang baik berdasarkan standar operasional yang dimiliki dalam satu organisasi.
Rangkaian kegiatan out bond ini sangat berkaitan erat dengan nilai nilai yang dimiliki suatu organisasi , antara lain seperti : Integritas, Profesional, Inovasi dan team work .Untuk lebih jelasnya apa itu yang dimaksud nilai-nilai organisasi (DJP), baca aja BUKU SAKU KODE ETIK PEGAWAI DJP untuk menambah khasanah Face Book anda , maksudnya biar suasana rileks kita sedikit dalam kondisi sersan (serius namun santai).
Demikian serangkaian kegiatan out bond dijajal abizzz....oleh para james bond dan jamilah bond yang keren abizzzz....dengan langkah gontai merapat ke podium peristirahatan sambil menunggu acara penutupan.
Seiring dengan itu , mentaripun mulai meredup diufuk barat namun semangat kami semoga tidak akan pernah redup. Sebelum acara diakhiri para pembicara masing masing grup memaparkan action resume dihadapan para peserta Out Bond, kemudian diteruskan oleh para isntruktur secara bergantian untuk menyampaikan peserta grup out bond terbaik , dan akhirnya si THE BEST pun terlahir ........dari kubu RED STAR !!! dan disusul sebagai Runner Up dari grup elang . Untuk posisi 3...,4....5...dan seterusnya dengan rela kami serahkan kepada grup lainnya . Acara pun ditutup dengan ucapan selamat berpisah diiringi dengan senandung merdu tembang perpisahan yang dipandu artis k'nes kita ....Sherly ......

Terima kasih kami ucapkan kepada segenap Tim Kreatip SOBT yang telah berbagi pengalaman kepada kita semua, dan atas lindungan NYA tentunya kita dalam keadaan sehat wal afiat dan bahagia selalu.
Masih terngiang dalam ingatan kita apa yang disampaikan para trainer , " Kegiatan Out Bond ini dipersiapkan untuk jenjang Pimpinan ". Namun lebih asyik kalau kita berucap : Semoga saja dari kegiatan ini terlahir para PIMPINAN ATAS HATI DAN PIKIRAN, setujuuuuuuu......!!!!!?????
by. 64ni KPP Pratama Medan Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome